Bakti Mulya – Rabu, 30 Sept – 1 Okt 2020 | SMK Negeri 7 Muaro Jambi melaksanakan kegiatan Workshop Penyusunan Program Kerja (PPK) pembentukan Pusat Pengembangan Karir Siswa (PPKS) sekaligus penguatan Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Tahun 2020.

Workshop yang berlangsung dihadiri oleh bapak Drs. H. Marlon, M.Pd selaku pimpinan SMK Negeri 7 Muaro Jambi, Pengawas Pembina, Mitra DU/DI, Dosen Universitas Jambi, Dinas Pendidikan dan peserta workshop terdiri dari beberapa SMK yang berada di Kabupaten Muaro Jambi.

Pimpinan sekolah menyampaikan pentingnya program Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK, guna meningkatkan kualitas lulusan dan memberikan peluang yang luas kepada lulusan SMK agar dapat langsung bekerja dan diserap oleh DU/DI setelah lulus sekolah. Dilanjut oleh pengawas sekolah diharapkan kepada sekolah lain agar dapat membentuk Bursa Kerja Khusus (BKK) disekolah masing-masing, mengingat program ini sangat berdampak positif untuk lulusan kedepannya. Dan untuk sekolah yang telah memiliki program BKK namun belum berjalan efektif supaya dapat mengikuti perkembangan serta informasi terbaru dari BKK SMK yang sudah berjalan agar tercapaianya tujuan dari program BKK SMK.

Dalam workshop mitra DU/DI dan narasumber berkesempatan memberikan materi berkaitan dengan standar kriteria calon pekerja yang dapat diterima dalam Dunia Usaha dan Dunia Industri. Pesertapun sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, karena kegiatan ini dapat memberikan wawasan dan meningkatkan kapasitas kepada masing-masing sekolah dalam program Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK.

SMK Negeri 7 Muaro Jambi adalah salah satu SMK dari Kabupaten Muaro Jambi yang memperoleh bantuan Pemerintah melalui Direktorat Jenderal dan Vokasi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Tahun 2020. Dari total dana yang diperoleh akan direalisasikan dalam beberapa program diantaranya workshop pengimbasan PPKS/BKK kepada 18 SMK di wilayah Kabupaten Muaro Jambi yang sudah memiliki surat tanda daftar bursa kerja khusus SK pada Dinas Transmigrasi dan Ketenagakerjaan dan rangkaian kegiatan akhir adalah pelaksanaan Job Matching SMK dengan menghadirkan IDUKA (Industri Dunia Usaha dan Kerja).

Semoga semua program yang telah direncanakan bersama tim kerja dapat direalisasikan dan dapat berjalan sesuai harapan.

Leave a Comment